15 Manfaat Susu Kedelai yang Berguna untuk Imunitas Tubuh

Coretan Rakyat
Manfaat Susu Kedelai
Susu Kedelai (Pixabay)

Manfaat susu kedelai sangat berguna bagi kesehatan kita. Susu kedelai telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Bukan hanya sebagai minuman yang lezat, tetapi juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap 15 manfaat susu kedelai yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

15 Manfaat Susu Kedelai yang Berguna untuk Imunitas Tubuh

1. Sumber Protein Nabati

Susu kedelai adalah alternatif yang sempurna bagi orang-orang yang tidak dapat mengonsumsi produk susu hewani. Kandungan protein nabati dalam susu kedelai membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh kita. Dengan asupan protein yang cukup, sistem kekebalan tubuh kita akan lebih kuat.

2. Kaya akan Antioksidan

Susu kedelai mengandung jumlah antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan isoflavonoid. Kedua senyawa ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh kita, dan menyehatkan sel-sel kita. Dengan demikian, susu kedelai dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Melindungi Jantung

Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di dunia, termasuk Indonesia. Konsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita. Kandungan asam lemak omega-3 dan fitosterol dalam susu kedelai membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, sehingga menjaga kesehatan jantung kita.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Susu kedelai mengandung senyawa isoflavon yang memiliki efek anti-kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu kedelai dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Namun, perlu diingat bahwa hasil ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan tulang. Susu kedelai mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi susu kedelai secara teratur, kita dapat membantu pencegahan osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

Baca juga
Xiaomi 14 dan 14 Pro, Smartphone Android Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 3 dan HyperOS
Manfaat Susu Kedelai yang Berguna untuk Imunitas Tubuh
Manfaat Susu Kedelai yang Berguna untuk Imunitas Tubuh

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Susu kedelai mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat untuk melawan efek buruk radikal bebas pada kulit kita. Dengan mengonsumsi susu kedelai, kulit kita menjadi lebih sehat dan terhidrasi dengan baik. Beberapa orang bahkan menggunakan susu kedelai sebagai masker wajah alami.

7. Mengontrol Diabetes

Orang-orang dengan diabetes sering dihadapkan pada batasan untuk mengonsumsi susu sapi. Namun, susu kedelai adalah alternatif yang sempurna. Susu kedelai memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini sangat menguntungkan bagi penderita diabetes.

8. Meningkatkan Kesehatan Usus

Serat dalam susu kedelai membantu meningkatkan fungsi usus kita. Mengonsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Fermentasi di usus juga dapat meningkatkan produksi probiotik yang baik untuk kesehatan usus.

9. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang menjadi rapuh dan rentan patah. Kandungan kalsium, vitamin D, dan isoflavon dalam susu kedelai membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Olahraga teratur dan pola makan yang seimbang bersama dengan konsumsi susu kedelai akan menjadi kombinasi sempurna untuk kesehatan tulang.

10. Mengatasi Gejala Menopause

Menopause adalah periode perubahan hormonal pada wanita dewasa. Gejala seperti hot flash, gangguan tidur, dan mood swing sering dialami pada masa ini. Isoflavon dalam susu kedelai mempunyai efek mirip estrogen yang dapat membantu mengurangi gejala menopause. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi susu kedelai untuk keperluan ini.

11. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah penyebab utama kematian di dunia. Susu kedelai mengandung lemak tinggi tidak jenuh yang dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit ini. Konsumsi susu kedelai secara teratur akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan trigliserida, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner.

Baca juga
Tahun Baru 2024: Hening di Balik Meriahnya Pesta

12. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah masalah serius yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Susu kedelai mengandung senyawa yang disebut kalsium dan arginin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsi susu kedelai secara teratur bersama dengan gaya hidup sehat dapat membantu menjaga tekanan darah kita dalam rentang normal.

13. Mengurangi Risiko Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Minum susu kedelai secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Ini juga membantu mengontrol tingkat trigliserida dalam tubuh kita.

14. Menjaga Keseimbangan Hormon

Susu kedelai mengandung fitoestrogen, yang mempunyai efek yang mirip dengan hormon estrogen pada tubuh manusia. Konsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi gejala PMS seperti nyeri payudara, kelelahan, dan perubahan mood.

15. Meningkatkan Berat Badan Ideal

Susu kedelai dapat membantu peningkatan massa otot dan berat badan secara sehat. Bagi mereka yang ingin menambah berat badan atau menjaga berat badan ideal, susu kedelai menjadi pilihan yang baik karena mengandung kalori sehat dan nutrisi penting.

Kesimpulan

Itulah 15 manfaat susu kedelai yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Konsumsi susu kedelai secara teratur dan dalam jumlah yang sesuai akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Jangan lupa selalu memilih susu kedelai yang berkualitas dan bebas dari zat tambahan atau pengawet. Tetaplah sehat dengan mengonsumsi susu kedelai!

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.