7 Destinasi Wisata di Bondowoso yang Wajib Dikunjungi, Nomor 4 Bikin Kaget!

Coretan Rakyat
Destinasi Wisata di Bondowoso
7 Destinasi Wisata di Bondowoso yang Wajib Dikunjungi, Nomor 4 Bikin Kaget! (Foto: CR)

7 Destinasi Wisata di Bondowoso yang Wajib Dikunjungi untuk liburan bersama keluarga Anda,yuk! simak artikel ini sampai akhir. Bondowoso adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak pesona wisata yang menarik dan beragam. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner, Bondowoso memiliki semuanya. Jika Anda sedang mencari tempat liburan yang asyik dan tidak terlalu ramai, Bondowoso bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut adalah tujuh destinasi wisata di Bondowoso yang wajib Anda kunjungi, dan nomor empat pasti akan membuat Anda kaget!

7 Destinasi Wisata di Bondowoso

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen
Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah salah satu destinasi wisata di Bondowoso yang paling populer dan fenomenal. Kawah Ijen adalah kawah gunung berapi yang masih aktif dan memiliki warna biru yang sangat indah. Kawah Ijen juga terkenal dengan fenomena blue fire atau api biru yang hanya bisa dilihat pada malam hari. Untuk bisa menikmati keindahan Kawah Ijen, Anda harus berjalan kaki sekitar 3 km dari pos pendakian. Anda juga harus mempersiapkan diri dengan baik, karena medan yang terjal dan suhu yang dingin. Namun, semua usaha Anda akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa di Kawah Ijen.

2. Kawah Wurung

Kawah Wurung
Kawah Wurung

Kawah Wurung adalah destinasi wisata di Bondowoso yang tidak kalah menarik dari Kawah Ijen. Kawah Wurung adalah bekas kawah gunung berapi yang sudah tidak aktif dan kini menjadi padang savana yang luas dan hijau. Kawah Wurung menawarkan pemandangan bukit-bukit, pepohonan, dan rumput yang sangat memesona. Kawah Wurung juga menjadi tempat yang cocok untuk berfoto-foto, karena banyak spot-spot menarik yang bisa Anda manfaatkan. Salah satu spot yang paling favorit adalah gardu pandang yang berbentuk hati. Dari sini, Anda bisa melihat panorama Kawah Wurung yang memukau.

3. Air Terjun Tancak Kembar Pakem

Air Terjun Tancak Kembar
Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar Pakem adalah destinasi wisata di Bondowoso yang cocok untuk Anda yang suka dengan wisata air. Air terjun ini memiliki dua aliran air yang berdampingan dan jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter. Air terjun ini memiliki air yang jernih dan sejuk, serta dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Anda bisa bermain air, berenang, atau sekadar bersantai di bawah air terjun ini. Namun, untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, Anda harus melewati jalur yang cukup sulit dan menantang. Anda harus berjalan kaki sekitar 2 km dari parkiran, melewati hutan, sungai, dan jembatan bambu. Jadi, pastikan Anda membawa bekal yang cukup dan memakai pakaian yang nyaman.

Baca juga
Personil Polsek Wonosari Bantu Evakuasi Pohon Tumbang Akibat Terjangan Angin Puting Beliung

4. Bukit Mahadewa

Bukit Mahadewa
Bukit Mahadewa

Bukit Mahadewa adalah destinasi wisata Bondowoso yang akan membuat Anda kaget, karena tempat ini memiliki banyak patung-patung yang unik dan aneh. Patung-patung ini dibuat oleh seorang seniman bernama Bambang Sutrisno, yang terinspirasi oleh berbagai tokoh dan karakter, seperti Batman, Spiderman, Hulk, Superman, dan lain-lain. Patung-patung ini tersebar di sekitar bukit, dan ada yang berukuran besar dan kecil. Selain patung-patung, Bukit Mahadewa juga menawarkan pemandangan alam yang indah, seperti bukit, sawah, dan kebun. Anda bisa berfoto-foto dengan patung-patung, atau menikmati suasana alam yang tenang dan sejuk.

5. Kawasan Labeng Seng

Kawasan Labeng Seng
Kawasan Labeng Seng

Kawasan Labeng Seng adalah destinasi wisata di Bondowoso yang masih tergolong baru dan jarang dikunjungi. Kawasan Labeng Seng adalah bekas kawah gunung berapi yang kini menjadi padang ilalang yang luas dan cantik. Kawasan Labeng Seng memiliki warna ilalang yang bervariasi, mulai dari kuning, hijau, merah, hingga ungu. Kawasan Labeng Seng juga memiliki pemandangan bukit-bukit yang hijau dan asri. Anda bisa berjalan-jalan di antara ilalang, atau berfoto-foto dengan latar belakang yang menawan. Namun, untuk bisa sampai ke sini, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melewati jalan yang rusak dan berbatu.

6. Batu So’on Solor

Batu So'on Solor
Batu So’on Solor

Batu So’on Solor adalah destinasi wisata di Bondowoso yang menawarkan wisata sejarah dan budaya. Batu So’on Solor adalah sebuah batu besar yang berada di tengah hutan, dan memiliki ukiran-ukiran yang berasal dari zaman megalitikum. Ukiran-ukiran ini berbentuk manusia, binatang, dan simbol-simbol lainnya. Batu So’on Solor diyakini sebagai tempat pemujaan atau upacara adat oleh masyarakat setempat. Selain Batu So’on Solor, di sekitar lokasi juga terdapat beberapa batu lain yang memiliki ukiran-ukiran serupa. Anda bisa melihat dan mempelajari ukiran-ukiran ini, atau sekadar menikmati suasana hutan yang alami dan teduh.

Baca juga
Perkembangan Teknologi Ponsel, Mengevaluasi Fitur dan Pilihan Terbaik

7. Air Terjun Belerang Kali Pahit

Air Terjun Belerang Kali Pahit
Air Terjun Belerang Kali Pahit

Air Terjun Belerang Kali Pahit adalah destinasi wisata di Bondowoso yang memiliki keunikan tersendiri. Air terjun ini memiliki air yang berwarna kuning kehijauan, dan berbau belerang. Air terjun ini berasal dari sumber air panas yang mengandung belerang, dan jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti gatal-gatal, eksim, dan kudis. Anda bisa mandi atau berendam di bawah air terjun ini, atau di kolam-kolam air panas yang ada di sekitar. Namun, pastikan Anda tidak meminum airnya, karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

Itulah tujuh destinasi wisata di Bondowoso yang wajib Anda kunjungi, dan nomor empat pasti membuat Anda kaget. Bondowoso memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan beragam, yang cocok untuk berbagai jenis wisatawan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan Anda ke Bondowoso, dan nikmati keindahan dan kekayaan wisatanya. Selamat berlibur! dan patennang

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.