8 Cara Seleksi Karyawan yang Paling Sering Diterapkan oleh HR Perusahaan

Coretan Rakyat
cara seleksi karyawan
Ilustrasi Cara Seleksi Karyawan (Pixabay)

Proses dan cara seleksi karyawan merupakan tahap krusial dalam membangun tim yang produktif dan berkinerja tinggi di dalam suatu perusahaan. Human Resources (HR) memiliki peran penting dalam menentukan metode seleksi yang efektif guna menemukan calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan budaya perusahaan. Berikut adalah 8 cara seleksi karyawan yang paling sering diterapkan oleh departemen HR:

8 Cara Seleksi Karyawan

1. Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan metode seleksi karyawan yang paling umum digunakan. HR akan melakukan pertanyaan-pertanyaan khusus untuk menggali lebih dalam tentang pengalaman, keterampilan, dan kepribadian calon karyawan.

2. Tes Keterampilan

Tes keterampilan biasanya dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan teknis atau spesifik yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu. Ini dapat mencakup tes pengetahuan umum, pemecahan masalah, atau tugas praktis.

3. Tes Psikometri

Tes psikometri melibatkan pengukuran aspek-aspek kepribadian dan kecerdasan emosional calon karyawan. Tes ini membantu HR untuk memahami bagaimana seorang individu berinteraksi, bekerja dalam tim, dan menanggapi tekanan.

4. Pemeriksaan Referensi

HR dapat menghubungi referensi yang diberikan oleh calon karyawan untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang kinerja dan karakter mereka di tempat kerja sebelumnya.

5. Penilaian Kelompok

Proses seleksi kelompok melibatkan serangkaian tugas atau diskusi yang dilakukan oleh sekelompok calon karyawan. Ini membantu HR untuk melihat bagaimana mereka berinteraksi dalam situasi kelompok.

6. Assessment Center

Assessment center adalah simulasi situasi kerja yang memungkinkan HR untuk mengamati keterampilan dan perilaku calon karyawan dalam konteks pekerjaan nyata.

7. Tes Tulis dan Presentasi

Bagi posisi yang memerlukan kemampuan komunikasi tertulis atau presentasi, tes tulis dan presentasi dapat menjadi metode seleksi yang efektif untuk menilai keterampilan tersebut.

Baca juga
Perkembangan Teknologi Ponsel, Mengevaluasi Fitur dan Pilihan Terbaik

8. Penilaian Kompetensi

Penilaian kompetensi melibatkan evaluasi terhadap kemampuan, pengetahuan, dan perilaku calon karyawan sesuai dengan kompetensi yang diinginkan oleh perusahaan.

Kesimpulan

Itulah 8 cara seleksi karyawan yang paling sering diterapkan oleh departemen HR. Dengan menggabungkan beberapa metode seleksi ini, HR dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan akurat dalam memilih karyawan yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Penting untuk diingat bahwa setiap perusahaan mungkin memiliki preferensi metode seleksi yang berbeda tergantung pada karakteristik industri dan budaya perusahaan yang diinginkan.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.