Air Terjun Pulo Agung, Potensi Wisata Tersembunyi di Desa Sukorejo Bondowoso

Coretan Rakyat
Air Terjun Pulo Agung
Air Terjun Puloagung (Foto: CR)

BONDOWOSO – Dansubramil 0822/12 Sumberwringin, bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Sekdes, dan perangkat Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, melakukan pemantauan wilayah untuk melihat langsung kearifan lokal dan aset destinasi yang dimiliki oleh Desa Sukorejo. Salah satu destinasi yang menarik perhatian adalah Air Terjun di Dusun Pulo Agung, Kamis, 1 Februari 2024.

Sekdes bernama Harsono mengungkapkan bahwa Air Terjun ini memiliki keindahan yang cukup menakjubkan. Lokasinya terletak sekitar 2 kilometer dari pemukiman warga dengan jalan yang cukup ekstrim dan licin saat musim hujan. Hal ini menjadikan akses ke Air Terjun hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Sayangnya, Air Terjun ini masih belum dikenal oleh banyak masyarakat lokal karena kurangnya akses jalan dan upaya pengembangan destinasi wisata.

Peltu Untung Subagyo, Dansubramil, juga turut memuji keindahan dan keagungan Air Terjun tersebut. Dengan ketinggian sekitar 15 meter dan air yang jernih serta asri, Peltu Untung menganggapnya sebagai salah satu harta terpendam yang bisa dikelola oleh Desa dan Pemerintah untuk menjadi tempat wisata yang mendatangkan manfaat bagi Desa Sukorejo.

Dansubramil menambahkan bahwa semua pihak, termasuk pemerintah Desa, masyarakat, dan penggagas wisata, harus bekerjasama dalam mengembangkan destinasi Air Terjun Pulo Agung ini. Salah satu manfaat yang dapat diambil adalah adanya peningkatan lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

“Mudah-mudahan kearifan lokal dan destinasi ini dapat berkembang dan terkenal serta memberi manfaat kepada masyarakat setempat. Dengan hadirnya wisata ini, diharapkan juga dapat memberi hasil bagi warga, seperti para pedagang makanan gorengan dan lainnya,” ujar mereka.

Pemerintah Desa diharapkan dapat memanfaatkan dan mengembangkan potensi Air Terjun ini melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), sehingga nantinya Air Terjun tersebut dapat menjadi ikon Desa Sukorejo yang dapat memperkenalkan keindahan alam dan kearifan lokal kepada wisatawan.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
Baca juga
Pemberangkatan Jamaah Umroh oleh Amanah Barokah Haramain Group