Berita  

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Polres Situbondo Laksanakan Sosialisasi

Coretan Rakyat
Polres Situbondo
Antisipasi Cuaca Ekstrim, Polres Situbondo Laksanakan Sosialisasi (Foto: Doc Humas)

SITUBONDO – Polres Situbondo, Dengan adanya perubahan musim yang berpotensi mengakibatkan perubahan cuaca, termasuk gelombang tinggi dan angin kencang di perairan lautan Situbondo, fenomena ini merupakan bagian dari kalender tahunan yang terjadi setiap tahun.

Meskipun perubahan cuaca ini sudah menjadi rutinitas tahunan, masyarakat seringkali masih mengabaikannya dan cenderung nekat untuk melaut. Oleh karena itu, perlu dilakukan penekanan dan sosialisasi secara masif kepada masyarakat pesisir dan nelayan.

Selain memberikan sosialisasi kepada nelayan dan masyarakat pesisir, penyuluhan juga dilakukan di tempat-tempat wisata bahari seperti pasir putih, hutan pantai, serta tempat wisata lainnya yang ditujukan kepada wisatawan.

Dalam rangka mensosialisasikan dan mengingatkan masyarakat pesisir, nelayan, dan wisatawan di tempat-tempat wisata pantai, pada hari Minggu (24/12/2023), personil Satpolairud Polres Situbondo memasang banner himbauan di beberapa pelabuhan, antara lain pelabuhan Panarukan, Jangkar, dan Kalbut. Sementara itu, himbauan juga dipasang di lokasi wisata seperti pasir putih, hutan pantai, pantai Pathek, dan tempat wisata pantai lainnya.

Himbauan untuk masyarakat pesisir dan nelayan meliputi peringatan dini terkait cuaca ekstrem dan gelombang tinggi, larangan berlayar saat kondisi gelombang tinggi, angin kencang, dan hujan lebat, kewajiban melengkapi sarana dan alat keselamatan berlayar, serta tidak melebihi kapasitas muatan saat berlayar. Disarankan pula untuk selalu memantau perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sedangkan untuk tempat wisata, wisatawan dihimbau agar tetap berhati-hati dan waspada. Disarankan untuk selalu menggunakan pelampung saat berenang, tidak meninggalkan anak-anak berenang tanpa pengawasan orang tua, serta menjauhi gelombang pasang dan tidak berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

Kapolres Situbondo, AKBP DWI SUMRAHADI RAKHMANTO, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasatpolairud Polres Situbondo, Iptu Gede Sukarmadiyasa, menjelaskan bahwa banner himbauan tersebut dipasang di lokasi yang mudah dibaca oleh masyarakat. Semoga himbauan ini bermanfaat dan dapat menciptakan situasi kamtibmas di wilayah perairan Kabupaten Situbondo yang kondusif, serta mencegah terjadinya kejadian yang merugikan masyarakat.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
Baca juga
Kapolres Situbondo Gelar Patroli di Jalur Pantura dan Tinjau Lokasi Wisata Pantai Pasir Putih