Gunung Ringgit, Gunung dengan Wajah Putri Tidur dan Makam Bangsawan

Coretan Rakyat
Gunung Ringgit
Gunung Ringgit Situbondo (Foto: Takanta.id)

Gunung Ringgit adalah salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut dan termasuk dalam kategori gunung yang kurang populer di kalangan pendaki. Namun, Gunung Ringgit menyimpan pesona dan keunikan tersendiri yang layak untuk diketahui. Berikut adalah beberapa hal menarik tentang Gunung Ringgit yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menjelajahi keindahan alam Indonesia.

Gunung dengan Wajah Putri Tidur

Salah satu keunikan dari Gunung Ringgit adalah bentuknya yang jika dilihat dari jauh menyerupai wajah seorang putri yang sedang tertidur. Oleh karena itu, gunung ini juga dikenal dengan nama Gunung Putri Tidur atau Gunung Putri. Bentuk wajah putri tidur ini terlihat jelas dari sisi timur Situbondo, yaitu dari arah pantai Pasir Putih. Dari sana, Anda bisa melihat kontur wajah, hidung, bibir, dan rambut putri tidur yang terbentang di antara puncak-puncak gunung.

Gunung dengan Makam Bangsawan

Selain bentuknya yang unik, Gunung Ringgit juga memiliki nilai sejarah dan religi yang tinggi. Di lereng gunung ini, terdapat sebuah makam seorang bangsawan muslim dari Situbondo, yaitu Raden Condro Kusumo. Beliau adalah salah satu keturunan dari Sunan Giri, salah satu wali yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Makam Raden Condro Kusumo ini sering dikunjungi oleh para peziarah yang datang untuk berdoa dan meminta berkah. Bagi para peziarah, Gunung Ringgit lebih dikenal dengan nama Gunung Agung, yang diambil dari nama puncak tertinggi kedua di gunung ini.

Gunung dengan Jalur Pendakian yang Menantang

Meskipun ketinggiannya tidak terlalu tinggi, Gunung Ringgit bukanlah gunung yang mudah untuk didaki. Jalur pendakian gunung ini sangat menantang dan membutuhkan keterampilan panjat tebing yang baik. Para pendaki akan dihadapkan dengan tebing-tebing yang curam dan kemiringannya bisa mencapai 90 derajat. Selain itu, di sepanjang jalur pendakian juga terdapat anak tangga yang disiapkan untuk para peziarah yang menuju makam Raden Condro Kusumo. Anak tangga ini terbuat dari batu dan kayu yang sudah tua dan rapuh, sehingga harus berhati-hati saat melaluinya.

Baca juga
Forkopimda Situbondo Pantau Pergeseran Logistik Pemilu 2024 Menuju PPS

Gunung dengan Pemandangan yang Indah

Walaupun jalur pendakian Gunung Ringgit cukup sulit, namun pemandangan yang ditawarkan di sepanjang perjalanan sangat indah dan mempesona. Anda bisa melihat hamparan sawah, ladang, dan perkebunan yang hijau dan subur. Anda juga bisa melihat pantai Pasir Putih yang berkilauan di bawah sinar matahari. Di puncak gunung, Anda bisa menikmati panorama pegunungan yang megah dan eksotis. Jika cuaca cerah, Anda bisa melihat Gunung Arjuno, Gunung Welirang, Gunung Ijen, dan Gunung Raung dari kejauhan.

Gunung dengan Potensi Wisata yang Besar

Melansir dari berita situbondo terkini (3titik), Gunung Ringgit adalah salah satu gunung yang memiliki potensi wisata yang besar, namun belum terlalu banyak diketahui oleh masyarakat luas. Gunung ini menawarkan berbagai daya tarik, mulai dari bentuknya yang unik, makamnya yang bersejarah, jalurnya yang menantang, hingga pemandangannya yang indah. Gunung ini cocok bagi Anda yang menyukai petualangan dan tantangan, sekaligus ingin mengenal lebih dekat budaya dan sejarah lokal. Gunung Ringgit juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam yang berbeda dari yang lain.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Gunung Ringgit yang saya buat. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi dan inspirasi bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang gunung ini. Gunung Ringgit adalah salah satu gunung yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, namun juga membutuhkan kesiapan dan kehati-hatian dalam mendakinya. Jika Anda tertarik untuk menjajal tantangan dan pesona Gunung Ringgit, pastikan Anda sudah mempersiapkan segala perlengkapan dan perizinan yang diperlukan. Selamat berpetualang di Gunung Ringgit!

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.