Ilmuwan Ciptakan DVD Super dengan Kapasitas Lebih dari 1 Juta GB

Coretan Rakyat
Ilmuwan Ciptakan DVD Super
DVD (Foto: Pixabay)

Diska optik dengan kapasitas super besar sedang dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan. Diska optik ini mirip dengan DVD, namun dapat menampung file hingga 1 Pb (petabit) atau setara dengan lebih dari 1 juta GB.

Flashdisk mungkin akan segera ketinggalan zaman. Menurut laporandari Gizmodo, ilmuwan telah menemukan teknik baru yang memungkinkan diska optik super ini untuk membaca dan menulis data hingga 100 lapisan dalam ruang yang hanya berdiameter 54 nanometer.

Ilmuwan dari Universitas Shanghai ini telah menciptakan cara baru untuk menyimpan informasi secara 3D. Mereka memberi nama diska optik ini sebagai “big boy.” Diska optik ini berbeda dengan DVD dan Blu-ray yang biasa kita gunakan. Meskipun DVD dan Blu-ray murah dan awet, mereka hanya dapat menyimpan data dalam satu lapisan yang dibaca oleh laser.

“Teknologi ini dapat mengurangi jejak karbon dan konsumsi energi dari pusat data besar di masa depan, sehingga memberikan solusi yang berkelanjutan untuk ekonomi digital,” ujar Min Gu, profesor di Universitas Shanghai untuk Sains dan Teknologi, dan salah satu penulis dari makalah yang dipublikasikan di jurnal Nature.

Dari segi ukuran, diska optik ini memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada flash drive atau hard drive hybrid (HHD). Sebagai perbandingan, 1 petabit sama dengan HHD dan perangkat Blu-ray yang ditumpuk setinggi 2 meter. Diska optik super yang diciptakan oleh ilmuwan ini jauh lebih kecil dari itu. Untuk mencapai ukuran yang mini, ilmuwan mengembangkan bahan baru yang disebut photoresist. Bahan ini diproses dengan emisi luminogen yang diinduksi secara agregasi (AIE-DDPR).

Bahan ini adalah jenis film yang sangat rata dan bening yang memungkinkan ilmuwan untuk menembaknya dengan laser pada skala nano dengan akurasi tinggi. Teknik ini menciptakan metode penyimpanan yang sama sekali baru dan belum pernah dilihat sebelumnya. Dengan mengecilkan ukuran dan skala penyimpanan data seperti ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif, tidak hanya untuk bisnis internet, tetapi juga untuk lingkungan dari industri teknologi.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
Baca juga
Keindahan Air Terjun Niagara Mini Bondowoso yang Bikin Terpukau