Manfaat Air Beras untuk Kecantikan, Berikut Caranya

Coretan Rakyat
Manfaat Air Beras untuk Kecantikan
Wanita Cantik (iStockphoto)

Pernah dengar manfaat air beras untuk kecantikan?, jika belum simak artikel ini sampai akhir. Air beras adalah cairan yang tersisa setelah merebus atau merendam beras. Air beras mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Air beras telah lama digunakan oleh wanita di Asia, khususnya Jepang, sebagai rahasia untuk mendapatkan kulit yang cerah, halus, dan awet muda. Berikut adalah beberapa manfaat air beras untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui:

5 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

1. Melindungi sel kulit dari kerusakan

Air beras kaya akan antioksidan, terutama inositol, yang dapat melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah zat berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dini, keriput, noda, dan kanker kulit. Dengan menggunakan air beras sebagai toner atau masker, Anda dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya.

2. Mengurangi iritasi kulit

Air beras juga dapat mengurangi iritasi kulit yang disebabkan oleh alergi, eksim, atau bahan kimia. Air beras memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat membantu meredakan kulit yang kering, gatal, merah, atau pecah-pecah. Anda dapat mencuci atau berendam dengan air beras untuk merasakan manfaatnya.

3. Memperlambat penuaan kulit

Air beras dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan cara menurunkan aktivitas enzim elastase yang berperan dalam menguraikan elastin. Elastin adalah protein yang memberikan elastisitas dan kekencangan pada kulit. Dengan menghambat enzim elastase, air beras dapat membantu mencegah kulit menjadi kendur dan berkerut.

4. Mengurangi keriput

Selain menurunkan aktivitas enzim elastase, air beras juga mengandung asam fitat dan allantoin yang dapat membantu mengurangi keriput. Asam fitat adalah senyawa yang dapat menghambat pembentukan melanin, pigmen yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Allantoin adalah senyawa yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan kehalusan pada kulit.

Baca juga
Energi Terbarukan: Solusi Berkelanjutan untuk Masa Depan

5. Mengurangi peradangan

Air beras juga dapat mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat, sunburn, atau luka. Air beras memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu membersihkan dan menyembuhkan kulit yang bermasalah. Air beras juga dapat membantu menyeimbangkan pH dan kelembapan kulit, yang penting untuk mencegah infeksi dan dehidrasi.

Cara menggunakan air beras untuk kecantikan

Ada beberapa cara untuk menggunakan air beras untuk kecantikan, antara lain:

Sebagai pembersih wajah:

Anda dapat mencuci wajah Anda dengan air beras setiap pagi dan malam untuk membersihkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup. Gunakan air beras yang sudah direbus atau direndam selama 20-30 menit, lalu saring dan simpan dalam botol semprot. Semprotkan air beras ke wajah Anda, lalu pijat dengan lembut dan bilas dengan air bersih.

Sebagai toner:

Anda dapat menyemprotkan air beras ke wajah Anda setelah mencuci muka untuk menyegarkan dan mengecilkan pori-pori. Gunakan air beras yang sudah difermentasi selama 2-3 hari, lalu saring dan simpan dalam botol semprot. Semprotkan air beras ke wajah Anda, lalu tepuk-tepuk dengan lembut dan biarkan mengering.

Sebagai masker:

Anda dapat mencampurkan air beras dengan madu, yogurt, atau oatmeal untuk membuat masker yang melembapkan dan mencerahkan kulit. Gunakan air beras yang sudah direbus atau direndam selama 20-30 menit, lalu saring dan campurkan dengan bahan lain sesuai selera. Oleskan masker ke wajah Anda, lalu diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

Tips menggunakan air beras untuk kecantikan

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan air beras untuk kecantikan:

– Gunakan beras organik yang tidak mengandung pestisida atau bahan kimia lainnya yang dapat merusak kulit Anda.

Baca juga
Teknologi Terbaru Dunia Roda Dua: Motor Listrik dan Smart Helmets

– Gunakan air beras yang masih segar dan tidak berbau. Jika air beras sudah berbau, buang dan buat yang baru.

– Simpan air beras dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya dan mencegah pertumbuhan bakteri. Gunakan air beras dalam waktu 3-4 hari jika tidak difermentasi, dan 1-2 minggu jika difermentasi.

– Lakukan tes alergi sebelum menggunakan air beras untuk kecantikan. Oleskan sedikit air beras ke bagian dalam siku Anda, lalu tunggu 24 jam. Jika tidak ada reaksi negatif, Anda dapat menggunakan air beras untuk kecantikan. Jika ada reaksi negatif, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Kesimpulan

Air beras adalah cairan yang tersisa setelah merebus atau merendam beras. Air beras memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, seperti melindungi sel kulit dari kerusakan, mengurangi iritasi kulit, memperlambat penuaan kulit, mengurangi keriput, dan mengurangi peradangan. Anda dapat menggunakan air beras sebagai pembersih wajah, toner, atau masker dengan cara yang mudah dan murah. Namun, pastikan Anda menggunakan air beras yang masih segar dan tidak berbau, serta melakukan tes alergi sebelumnya.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.