Manfaat Beras Merah dan Cara Mengolahnya

Coretan Rakyat
Manfaat Beras Merah
Beras Merah (Pixabay)

Manfaat beras merah sudah banyak terbukti untuk kesehatan, pingin tahu? yuk dibaca artikel ini sampai akhir. Beras merah adalah salah satu jenis beras yang memiliki warna merah atau merah kecoklatan karena mengandung antosianin, pigmen alami yang juga terdapat pada buah-buahan dan sayuran berwarna merah, ungu, atau biru. Beras merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beras merah kaya akan vitamin B, vitamin E, seng, dan zat besi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.
  • Menurunkan kolesterol. Beras merah mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.
  • Mencegah diabetes. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada beras putih, yang berarti dapat mengontrol kadar gula darah dan mencegah lonjakan insulin. Beras merah juga mengandung magnesium, mineral yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  • Menjaga kesehatan jantung. Beras merah mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Beras merah juga mengandung lignan, senyawa fitoestrogen yang dapat menurunkan tekanan darah dan peradangan.
  • Mencegah kanker. Beras merah mengandung antioksidan, seperti antosianin, fenolik, dan flavonoid, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Beras merah juga mengandung selenium, mineral yang dapat meningkatkan aktivitas enzim anti-kanker.

Untuk mendapatkan manfaat beras merah secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolahnya, antara lain:

  • Cuci beras merah dengan air bersih sampai airnya bening. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, debu, dan pestisida yang mungkin menempel pada beras.
  • Rendam beras merah dalam air selama 6-8 jam atau semalaman. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pemasakan dan melembutkan tekstur beras. Air rendaman juga dapat digunakan sebagai air minum yang kaya akan nutrisi.
  • Masak beras merah dengan air dengan perbandingan 1:3 (satu gelas beras merah dengan tiga gelas air). Masak dengan api kecil sampai airnya terserap dan beras merah matang. Jangan lupa untuk menambahkan garam secukupnya untuk memberi rasa.
  • Sajikan beras merah dengan lauk pauk yang sehat, seperti sayuran, ikan, daging tanpa lemak, atau telur. Hindari lauk pauk yang berminyak, berlemak, atau mengandung banyak bumbu.
Baca juga
Cara Memilih Mobil Listrik yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

Beras merah adalah salah satu pilihan beras yang sehat dan bergizi. Dengan mengonsumsi beras merah secara teratur dan mengolahnya dengan cara yang benar, Anda dapat menikmati manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.