Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Coretan Rakyat
Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa
Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Manfaat berjalan kaki untuk kesehatan tubuh dan jiwa sangat berpengaruh. Berjalan kaki adalah salah satu aktivitas fisik yang mudah dan murah untuk dilakukan. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, berjalan kaki juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan jiwa. Berikut ini adalah beberapa manfaat berjalan kaki yang perlu Anda ketahui:

Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa:

Meningkatkan kesehatan jantung

Berjalan kaki dapat membantu mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan risiko penyakit jantung. Menurut American Heart Association, berjalan kaki selama 30 menit sehari, lima hari seminggu, dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 19%.

Membakar kalori dan menurunkan berat badan

Berjalan kaki dapat membantu Anda membakar kalori dan menurunkan berat badan. Menurut Mayo Clinic, berjalan kaki dengan kecepatan 5 km/jam dapat membakar sekitar 150 kalori per jam. Jika Anda berjalan kaki secara rutin dan mengatur pola makan yang seimbang, Anda dapat mencapai berat badan ideal Anda.

Mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati

Berjalan kaki dapat membantu Anda mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Saat Anda berjalan kaki, tubuh Anda melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat Anda merasa bahagia dan rileks. Berjalan kaki juga dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati pemandangan alam, bersosialisasi dengan orang lain, atau mendengarkan musik favorit Anda.

Meningkatkan fungsi otak dan memori.

Berjalan kaki dapat membantu Anda meningkatkan fungsi otak dan memori. Menurut sebuah penelitian, berjalan kaki dapat meningkatkan volume otak, terutama di area yang berkaitan dengan belajar, ingatan, dan perencanaan. Berjalan kaki juga dapat mencegah penurunan kognitif yang terkait dengan usia dan penyakit seperti Alzheimer.

Kesimpulan

Dari beberapa manfaat di atas, dapat disimpulkan bahwa berjalan kaki adalah salah satu gaya hidup sehat yang dapat Anda lakukan. Berjalan kaki tidak memerlukan peralatan khusus, waktu yang lama, atau biaya yang besar. Anda hanya perlu menentukan tujuan, jadwal, dan rute yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selamat berjalan kaki!

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
Baca juga
7 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Terbaik dengan Harga Terjangkau