Berita  

Meriahnya Malam Tahun Baru di Perkebunan Besaran Glenmore Dengan Seni Janger Sastra Dewa

Coretan Rakyat
Seni Jangger Sastra Dewa
Warga Perkebunan Besaran Glenmore Sambut Malam Pergantian Tahun Baru Dengan Hiburan Jangger (Foto: HR)

BANYUWANGI – Masyarakat merayakan pergantian malam tahun baru 2023-2024 dengan berbagai cara, yang semuanya dipenuhi oleh rasa kebersamaan, disertai harapan agar tahun 2024 membawa perbaikan dalam berbagai aspek.

Salah satu bentuk perayaan tersebut dapat ditemui di afdeling perkebunan Besaran PTPN X Glenmore, Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Warga di sana memilih merayakan pergantian tahun dengan hiburan seni Janger Sastra Dewa yang berasal dari Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, pada Minggu (31/12/2023).

Seni Janger sendiri memiliki kekentalan dengan adat dan budaya, sehingga dianggap memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Imam warga setempat menyatakan, “Seni Janger memiliki nilai sejarah positif bagi masyarakat luar, mengingat cerita yang terkandung dalam seni ini mencerminkan situasi kerajaan pada masa lalu.”

Imam juga menambahkan, “Seni Janger dapat menjadi sumber pembelajaran mengenai budaya dan asal-usul identitas sejarah kejawen di Pulau Jawa ini.”

Pendapat serupa diungkapkan oleh Safi,i, yang menjelaskan bahwa biaya untuk seni Janger ditanggung bersama oleh warga perkebunan Besaran melalui sumbangan swadaya atau iuran. “Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin tahunan dan biasanya dilaksanakan pada malam tahun baru atau hari raya, tergantung pada kesepakatan warga,” ungkap Safi,i.

Semua kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan hiburan dan meningkatkan pemahaman mengenai warisan budaya nenek moyang di Tanah Jawa.

“Kami percaya bahwa adanya hiburan seni pada momen penting seperti pergantian tahun akan memberikan manfaat yang besar,” tutup Safi,i.

Acara seni ini juga melibatkan pihak keamanan dari Polsek Glenmore, Koramil 0825/16 Glenmore, dan Linmas Pemdes Margomulyo, sehingga terjamin keamanan dan kondusifitas selama berlangsungnya acara tersebut.

 

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
Baca juga
Danrem 083/Bdj Ucapkan Terima Kasih, Lancar dan Aman Dalam PAM VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI di Banyuwangi