Berita  

Patroli Gabungan Satpolairud Polres Situbondo Bersama TNI Pastikan Kondusifitas dan Keselamatan di Pelabuhan Jangkar

Coretan Rakyat
Satpolairud Polres Situbondo
Patroli Gabungan Satpolairud Polres Situbondo Bersama TNI (Foto: Doc Humas)

SITUBONDO – Dalam upaya memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah pelabuhan Jangkar, Satpolairud Polres Situbondo melibatkan Koramil Jangkar, TNI AL Lantamal Banyuwangi, Polsek Jangkar, dan ASDP melaksanakan patroli gabungan dengan sinergi lintas sektoral. Rabu (24/01/24).

Patroli gabungan ini dilaksanakan dalam konteks menjaga ketertiban masyarakat menjelang Pemilu 2024, khususnya bagi mereka yang menggunakan layanan penyeberangan ke pulau Raas, Sapudi, dan Lembar NTB. Tujuan utamanya adalah untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan kenyamanan di sekitar pelabuhan Jangkar.

Petugas patroli juga mendekati beberapa tempat parkir kendaraan yang mengantri menunggu jadwal kapal, memberikan himbauan agar semua pihak dapat berkontribusi dalam menjaga kondusifitas. Apabila ada keluhan, masyarakat dihimbau untuk segera berkoordinasi dengan aparat kepolisian atau instansi terkait di pelabuhan, termasuk TNI, ASDP, dan Dishub, agar dapat segera dicarikan solusi tanpa menimbulkan keterlambatan yang berkepanjangan.

Dalam hal perusahaan kapal atau operator kapal, mereka juga diingatkan untuk mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) berlayar dan berkoordinasi dengan Badan Pengatur Transportasi Darat (BPTD) terkait izin berlayar dan kapasitas muatan kapal. Penting untuk tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan demi keselamatan penumpang.

Patroli gabungan dimulai dengan apel di lapangan parkir depan pelabuhan, dipimpin oleh Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH. Kemudian, dilanjutkan dengan patroli jalan kaki ke pos-pos strategis seperti pos jembatan timbang, pos masuk pelabuhan, dan area dermaga kapal.

Personil patroli gabungan juga memberikan himbauan kepada pengemudi kendaraan agar membeli e-tiket melalui agen tiket resmi atau langsung melalui aplikasi jual beli tiket, untuk menghindari praktik pungutan liar atau kenaikan harga tiket yang tidak wajar. Kasatpolairud Polres Situbondo berharap agar situasi di pelabuhan Jangkar, terutama pada jadwal penyeberangan Jangkar – Lembar (NTB), dapat berjalan lancar dan kondusif.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
Baca juga
Bangun Sinergi, Diskominfo Situbondo Apresiasi Peran Wartawan dalam Peliputan