Pelaku Pemerasan Sopir Truk di Situbondo Diamankan Polisi, Rekan Pelaku Masih Diburu

Coretan Rakyat
Pemerasan Sopir Truk di Situbondo
Pelaku, dengan inisial L (32) saat diamankan di Mapolsek Arjasa Situbondo (Foto: Dok. Humas)

SITUBONDO – Seorang pria diduga melakukan tindakan pemerasan atau pembalakan terhadap sopir truk di jalan raya Seletreng Kecamatan Kapongan pada Kamis, 29 Februari 2024, sekitar pukul 01.20 WIB, berhasil diamankan oleh pihak kepolisian.

Pelaku, dengan inisial L (32) dan beralamatkan di Desa Olean Situbondo, ditangkap oleh sopir truk yang menjadi korbannya ketika berusaha memaksa sopir tersebut memberikan sejumlah uang. Setelah penangkapan, pelaku diserahkan ke pihak Polsek Arjasa.

Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Reskrim AKP Momon Suwito Pratomo, S.H. M.H., menjelaskan bahwa kejadian bermula saat sopir truk melintas di jalan raya Seletreng Kecamatan Kapongan. Dua orang pengendara motor mendekati truk, dan salah satu pelaku, L, melompat ke pintu sopir, memaksa sopir truk memberikan uang sejumlah 500 ribu rupiah dengan ancaman membawa pipa besi.

Sopir truk menepikan kendaraannya dan memberikan uang sejumlah 300 ribu rupiah kepada pelaku L. Uang tersebut kemudian diserahkan kepada teman pelaku yang berada di sepeda motor. Namun, situasi berubah saat kernet truk mengajak pelaku L ke arah belakang truk dan sopir truk memukul kepala pelaku L hingga roboh. Melihat kejadian tersebut, teman pelaku langsung melarikan diri.

Setelah itu, sopir dan kernet truk mengikat tangan dan kaki pelaku, serta membantu oleh rekan-rekan sopir lainnya, pelaku diserahkan ke Polsek Arjasa dan Poksek Kapongan di Jalan Raya Seletreng Kapongan.

“Karena kondisi pelaku L mengalami lebam dan bengkak di bagian wajah, sehingga dibawa ke Puskesmas Arjasa untuk pemeriksaan. Selanjutnya, diserahkan ke Resmob Satreskrim Polres Situbondo untuk proses penyidikan lebih lanjut,” ungkap AKP Momon Suwito Pratomo.

Lebih lanjut, AKP Momon Suwito Pratomo menyatakan bahwa pelaku pemalakan sudah diamankan di Polres Situbondo, sementara rekan pelaku yang melarikan diri masih dalam proses pengejaran oleh Tim Resmob.

Baca juga
Taman Nasional Baluran Situbondo Ditutup Sementara untuk Evaluasi Pasca Liburan

“Pelaku sudah diamankan di Mapolres, sedangkan teman pelaku yang melarikan diri masih dilakukan pencarian,” tutupnya.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.