Berita  

Perum Perhutani KPH Bondowoso Laksanakan Groundbreaking Tanaman

Coretan Rakyat
Perhutani KPH Bondowoso
Ronny Merdyanto S.Hut Adm Perhutani KPH Bondowoso Menyerahkan Bibit Tanaman Secara Simbolis (Foto: Humas Perhutani Bondowoso)

BONDOWOSO – Perum Perhutani KPH Bondowoso laksanakan groundbreaking tanaman di petak 62B-3 RPH Kembang BKPH Wonosari pada Sabtu, 23 Desember 2033. Acara ini diikuti oleh segenap karyawan karyawati, Ikatan Istri Karyawan Perhutani Cabang KPH Bondowoso, Forkopimcam Tlogosari, tokoh masyarakat, dan LMDH.

Saat penanaman bibit Pinus berlangsung, tim media Horsis bertemu dengan Kepala Seksi Pembinaan Sumber Daya Hutan (Kasi PSDH), yang menyampaikan bahwa di tahun 2023, di wilayah KPH Bondowoso, direncanakan tanaman pada 15 anak petak (Ap) dengan luas 72,44 ha. Ini terbagi di Sub Bondowoso Selatan dengan 9 Ap dan luas 46,24 ha, menggunakan tanaman jenis Pinus. Di Sub Bondowoso Utara, terdapat 6 Ap dengan luas 26,20 ha, menggunakan tanaman jenis Jati, Sonokeling, dan Mahoni. Lokasi groundbreaking ini juga merupakan rencana tanaman untuk tahun 2023 dengan luas 2,50 ha, tambahnya.

Ronny Merdyanto S.Hut, Administratur Perum Perhutani KPH Bondowoso, dalam sambutannya saat memimpin apel pasukan, menyatakan bahwa tugas pokok seorang rimbawan atau forester adalah melaksanakan penanaman pohon dan memastikan keberhasilannya. Tanaman ini menjadi cikal bakal bagi Perhutani untuk memperoleh pendapatan. Oleh karena itu, ia memberi instruksi agar seluruh petugas melaksanakan penanaman sesuai teknik dan petunjuk kerja, serta senantiasa merawat dan memelihara keberadaan tanaman sampai akhir daur.

Di akhir sambutannya, Ronny Merdyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Forkopimcam Tlogosari atas sinergitas dan dukungan penuh yang diberikan kepada Perhutani dalam mengawal keberhasilan tanaman. Ia berharap keberhasilan tanaman ini nantinya akan memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Zulfikar Ardiansyah SH.MM, Kepala Kecamatan Tlogosari, yang menyatakan bahwa jajaran Forkopimcam siap memberikan dukungan dan bantuan penuh kepada petugas Perhutani dalam melaksanakan dan menyelesaikan seluruh tugas pekerjaan agar berjalan baik sesuai harapan bersama.

Baca juga
Polres Situbondo Berhasil Mengungkap Praktik Prostitusi Online Melalui Aplikasi MiChat

Pada acara groundbreaking, Ronny Merdyanto S.Hut secara khusus mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi khusus kepada tiga orang mandor berprestasi di bidang sadapan getah pinus, antara lain, Sdr. Jasi mandor RPH Tapen, Sdr. Nali, dan Hadiredjo mandor RPH Pakisan BKPH Wonosari.

 

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.