Berita  

Polres Situbondo Gelar Upacara Tradisi Penyambutan 15 Bintara Remaja

Coretan Rakyat
upacara tradisi penyambutan Bintara Remaja
Upacara penyambutan dipimpin langsung oleh Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. berserta jajaran (Foto: Doc Humas)
SITUBONDO – Polres Situbondo Polda Jatim menggelar upacara tradisi penyambutan Bintara Remaja (Baja) pada Selasa, 23 Januari 2024. Sebanyak 15 Bintara Remaja yang baru ditugaskan di Polres Situbondo turut merayakan momen ini.

Upacara penyambutan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. Acara juga dihadiri oleh Wakapolres Kompol I Made Prawira Wibawa S, S.T., S.I.K., M.I.K, serta sejumlah pejabat dan anggota Polres Situbondo.

Dalam sambutannya, Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan semangat pengabdian, disiplin, patriotisme, jiwa korsa, loyalitas, dan kebersamaan. Ia juga menekankan pentingnya momentum bergabungnya para bintara remaja di Polres Situbondo.

“Selamat datang kepada seluruh Bintara Remaja yang ditugaskan di Polres Situbondo, inilah lingkungan dimana kalian akan melaksanakan tugas sebagai abdi negara,” ujar Kapolres.

Kapolres Situbondo berharap agar para Bintara Remaja mampu menjalankan tugas mereka dengan baik, sesuai dengan tugas dan fungsi anggota Polri. Mereka diminta untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

“Saya berharap Bintara Remaja dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kabupaten Situbondo,” tegasnya.

Selain itu, Kapolres Situbondo juga menekankan pada para Pejabat Utama, perwira, dan bintara senior untuk senantiasa menyampaikan ilmu-ilmu yang positif serta memberikan contoh yang baik kepada bintara remaja. Hal ini penting agar mereka menjadi pribadi yang baik dalam hal pengetahuan, sikap perilaku, dan keterampilan, sehingga mampu menghadapi tantangan tugas saat ini.

“Kepada seluruh Bintara Remaja, saya berpesan agar menjalankan tugas-tugas Kepolisian dengan niat untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, tingkatkan profesionalisme Polri dengan berpegang teguh pada Tribrata dan Catur Prasetya sebagai jati diri Insan Bhayangkara, jaga kekompakan dan kebersamaan, serta tanamkan kesetiakawanan yang positif sesama anggota,” pesan Kapolres.

Baca juga
Terlibat Kasus Narkoba, Kapolres Situbondo Pimpin Upacara Pemecatan Seorang Anggota Polri

Ia juga meminta agar para Bintara Remaja menghindari pelanggaran, sekecil apapun, dan melaksanakan tugas dengan penuh keseriusan didasari oleh disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan dedikasi yang tinggi.

Setelah upacara tradisi penyambutan Bintara Remaja selesai, dilanjutkan dengan prosesi mandi kembang terhadap para Bintara Remaja, sebagai bentuk sujud syukur atas anugrah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Acara ditutup dengan makan bersama antara Kapolres Situbondo, Wakapolres, Pejabat Utama, dan Kapolsek Jajaran.

*) Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.