Polresta Banyuwangi Menggelar Percepatan Capaian Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio

Coretan Rakyat
Polresta Banyuwangi
Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, didampingi oleh Ketua Cabang Bhayangkari Banyuwangi Ny. Nani Nanang Haryono memberikan imunisasi tetes polio kepada ratusan anak (Foto: Doc Humas)

BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi dan Bhayangkari Cabang Banyuwangi menggelar Percepatan Capaian Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) Polio Putaran I.

Pada Sabtu (20/1/2024) pagi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, didampingi oleh Ketua Cabang Bhayangkari Banyuwangi Ny. Nani Nanang Haryono dan jajaran PJU beserta perwakilan Forkopimda, secara langsung memberikan imunisasi tetes polio kepada ratusan anak-anak di Aula Klenteng Hoo Tong Bio.

“Hari ini, percepatan PIN Polio dilaksanakan secara serentak di 24 lokasi dengan target mencakup 1.806 anak usia 0 hingga 7 tahun. Imunisasi ini merupakan langkah preventif untuk mencegah kasus polio di Banyuwangi,” ujar Kombes Pol Nanang.

Dalam pelaksanaannya, Sie Dokkes Polresta Banyuwangi berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Banyuwangi, menggerakkan ratusan tenaga kesehatan yang tersebar di 24 titik untuk memberikan imunisasi tetes polio kepada anak-anak di Bumi Blambangan.

“Harapannya, kita dapat segera mencapai target 100%, mengingat capaian vaksinasi polio di Banyuwangi baru mencapai 92% dari target sebanyak 174.237 anak usia 0-7 tahun,” tambah Kombes Pol Nanang.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, SKM, M.Si, mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Banyuwangi atas kontribusinya dalam membantu percepatan Sub PIN Polio Putaran I.

“Hari ini merupakan hari terakhir untuk putaran I. Kita berharap dapat mencapai target 100%,” ujar Amir.

Meskipun Indonesia telah dinyatakan bebas polio oleh WHO pada Maret 2014, kasus polio kembali muncul pada Desember 2023 di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Pamekasan, dan Sampang Provinsi Jawa Timur.

Sebagai tindakan antisipasi terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio, Banyuwangi menggelar serentak PIN Polio. “Hingga saat ini, belum ada kasus Polio yang terdeteksi di Banyuwangi,” ungkap Amir.

Baca juga
Taman Nasional Baluran Situbondo Ditutup Sementara untuk Evaluasi Pasca Liburan

Ratusan anak yang mengikuti kegiatan imunisasi Polio terlihat senang dan antusias. Selain mendapatkan imunisasi, mereka juga mendapatkan bingkisan snack dan balon yang dibagikan oleh anggota jajaran Polresta Banyuwangi serta ibu-ibu Bhayangkari Cabang Banyuwangi.

*) Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.