Review Lengkap Toyota Raize, SUV Compact yang Tangguh dan Stylish

Coretan Rakyat
Review Lengkap Toyota Raize
Toyota Raize

Toyota Raize adalah salah satu SUV compact yang tangguh dan stylish terbaru yang diluncurkan oleh PT. Toyota Astra Motor pada bulan April 2021. Mobil ini merupakan hasil kerjasama antara Toyota dan Daihatsu, yang juga menghasilkan Daihatsu Rocky sebagai saudara kembar dari Toyota Raize. Mobil ini menawarkan berbagai fitur menarik, mulai dari desain eksterior yang sporty, interior yang modern, mesin yang bertenaga, hingga fitur keamanan yang canggih. Berikut adalah review lengkap mengenai Toyota Raize yang bisa menjadi pilihan mobil Anda.

Desain Eksterior

Toyota Raize memiliki desain eksterior yang sporty dan stylish, dengan dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm. Mobil ini juga memiliki ground clearance yang tinggi, yaitu 200 mm, yang membuatnya mampu melewati berbagai medan jalan. Mobil ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti hitam, putih, merah, silver, biru, dan kuning.

Salah satu hal yang menarik dari Toyota Raize adalah adanya varian GR Sport, yang merupakan varian tertinggi dengan sentuhan sporty dari Toyota Gazoo Racing. Varian ini memiliki beberapa perbedaan dari varian lain, seperti grille depan yang lebih besar dengan logo GR, spion hitam, pelek 17 inci berwarna hitam, dan emblem GR di beberapa bagian mobil.

Desain Interior

Toyota Raize memiliki desain interior yang modern dan nyaman, dengan kapasitas penumpang hingga 5 orang. Mobil ini dilengkapi dengan dashboard yang minimalis, dengan layar sentuh 8 inci atau 9 inci (untuk varian GR Sport) yang terhubung dengan sistem audio, kamera mundur, dan konektivitas smartphone. Mobil ini juga memiliki fitur digital AC, push start button, smart entry, steering switch, dan multi information display.

Baca juga
Xiaomi 14 dan 14 Pro, Smartphone Android Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 3 dan HyperOS

Salah satu keunggulan dari Toyota Raize adalah ruang bagasi yang luas, yaitu 369 liter, yang bisa diperluas hingga 1.000 liter dengan melipat jok belakang. Mobil ini juga memiliki fitur Ultra Seat, yang memungkinkan Anda untuk mengatur posisi jok belakang sesuai dengan kebutuhan, seperti Utility Mode, Tall Mode, dan Long Mode.

Mesin dan Performa

Toyota Raize dibekali dengan mesin 3-silinder 1.0 liter turbocharged, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 98 PS dan torsi maksimal 140 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau CVT 7-percepatan, yang memberikan akselerasi yang responsif dan efisiensi bahan bakar yang baik. Mobil SUV Terbaik ini juga memiliki fitur Eco Idle, yang membuat mesin mati secara otomatis saat berhenti untuk menghemat bahan bakar.

Toyota Raize juga memiliki fitur Smart Assist, yang merupakan sistem keselamatan aktif yang terdiri dari beberapa fitur, seperti Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, dan Adaptive Cruise Control. Fitur-fitur ini membantu Anda untuk menghindari atau mengurangi risiko kecelakaan di jalan.

Harga dan Kesimpulan

Toyota Raize ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 235 juta untuk varian 1.2 G MT One Tone, hingga Rp 283,4 juta untuk varian 1.0T GR Sport TSS. Harga ini cukup kompetitif jika dibandingkan dengan pesaingnya, seperti Honda HR-V, Suzuki Vitara, dan Nissan Juke. Toyota Raize juga memiliki beberapa kelebihan, seperti desain yang sporty dan stylish, interior yang modern dan nyaman, mesin yang bertenaga dan irit, serta fitur keamanan yang canggih. Toyota Raize bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari SUV compact yang tangguh dan stylish.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.