Berita  

Taman Nasional Baluran Situbondo Ditutup Sementara untuk Evaluasi Pasca Liburan

Coretan Rakyat
Taman Nasional Baluran Situbondo
Taman Nasional Baluran Situbondo (Foto: Tim)

SITUBONDO – Pengelola Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, merencanakan penutupan akses wisata selama satu bulan, mulai dari 15 Januari hingga 15 Februari 2024. Langkah ini diambil untuk memulihkan kawasan setelah lonjakan kunjungan selama liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, sambil melakukan evaluasi terhadap dampak kunjungan wisata.

Joko Mulyono, Humas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo, menjelaskan bahwa selama periode penutupan ini, akan dilakukan pembangunan dan pemeliharaan sarana prasarana wisata di Taman Nasional Baluran.

“Dengan jumlah kunjungan wisatawan mencapai sekitar 23.000 orang selama liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, langkah pemulihan kawasan menjadi suatu keharusan,” ujar Joko Mulyono seperti dilansir dari Antara pada Kamis (11/1/2024).

Pintu masuk utama dari Batangan ke Padang Sabana (Bekol) dan dari Bekol ke Pantai Bama akan ditutup sementara untuk pengunjung. Sementara itu, pintu masuk sisi barat Watunumpuk (ke Pantai Merak) akan tetap dibuka untuk umum.

Selama masa penutupan, akan dilakukan berbagai pembangunan, termasuk penataan area untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta pemasangan papan pengumuman di sepanjang jalan menuju Pantai Bama.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.
Baca juga
Pemberangkatan Jamaah Umroh oleh Amanah Barokah Haramain Group