Teknologi Terbaru yang Sedang Booming di Tahun 2024, Apa Saja?

Coretan Rakyat
Teknologi Terbaru yang Sedang Booming di Tahun 2024
Teknologi Terbaru yang Sedang Booming di Tahun 2024

Teknologi adalah bidang yang selalu berkembang dan menghadirkan inovasi-inovasi baru yang dapat memudahkan, menghibur, dan memberi manfaat bagi manusia. Ada beberapa teknologi terbaru yang sedang booming di tahun 2024 dan menjadi perhatian banyak orang. Apa saja teknologi tersebut? Berikut ulasannya:

Nothing Phone: Smartphone dengan Body Transparan

Nothing Phone
Nothing Phone

Nothing Phone adalah smartphone yang memiliki body transparan yang memperlihatkan bagian dalam mesinnya. Smartphone ini dibuat oleh perusahaan teknologi asal London yang bernama Nothing. Nothing Phone memiliki desain yang unik dan futuristik, serta dilengkapi dengan LED yang dapat dikustomisasi untuk berbagai fungsi, seperti notifikasi, nada dering, dan indikator baterai. Nothing Phone juga menggunakan frame dari aluminium daur ulang yang ramah lingkungan.

Layar Berkualitas Tinggi dengan Refresh Rate Variabel

Layar OLED dengan VRR
Layar OLED dengan VRR

Layar OLED dengan VRR adalah layar yang menggunakan teknologi Organic Light Emitting Diode (OLED) yang dapat menghasilkan warna yang lebih akurat, kontras yang lebih tinggi, dan sudut pandang yang lebih luas. Layar OLED juga memiliki fitur VRR (Variable Refresh Rate) yang dapat menyesuaikan refresh rate sesuai dengan frame rate yang dihasilkan oleh grafis. Fitur ini dapat meningkatkan kualitas gambar dan mengurangi efek tearing atau stuttering. Layar OLED dengan VRR sudah digunakan oleh beberapa laptop gaming, seperti Asus ROG Zephyrus G14 dan G16 2024.

Prosesor dengan AI: Prosesor yang Mendukung Kecerdasan Buatan

Prosesor AI
Prosesor AI

Prosesor dengan AI adalah prosesor yang sudah mengusung NPU (Neural Processing Unit) yang dirancang khusus untuk pemrosesan kecerdasan buatan (AI). Prosesor ini dapat meningkatkan performa dan efisiensi laptop dengan memanfaatkan AI untuk berbagai keperluan, seperti optimasi sistem, pengenalan suara, pengolahan gambar, dan lain-lain. Prosesor dengan AI sudah digunakan oleh beberapa laptop terbaru, seperti Asus ROG Zephyrus G14 dan G16 2024 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 8000 Series dan Intel Core Ultra Series.

Baca juga
8 Cara Seleksi Karyawan yang Paling Sering Diterapkan oleh HR Perusahaan

Kartu Grafis dengan RTX dan DLSS: Kartu Grafis yang Mendukung Ray Tracing dan Super Sampling

Kartu Grafis dengan RTX dan DLSS
Kartu Grafis dengan RTX dan DLSS

Kartu Grafis dengan RTX dan DLSS adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi NVIDIA GeForce RTX 40 Series yang sudah mendukung berbagai teknologi terbaru, seperti real-time ray tracing dan DLSS. Ray tracing adalah teknik yang dapat menciptakan efek cahaya, bayangan, dan pantulan yang realistis dan detail. DLSS adalah teknik yang dapat meningkatkan resolusi dan kualitas gambar dengan menggunakan AI. Kartu grafis ini dapat menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa dan meningkatkan frame rate dengan menggunakan AI. Kartu grafis ini sudah digunakan oleh beberapa laptop gaming, seperti Asus ROG Zephyrus G14 dan G16 2024 yang menggunakan grafis hingga GeForce RTX 4080.

Internet 5G: Internet dengan Kecepatan dan Konektivitas Tinggi

Internet 5G
Internet 5G

Internet 5G adalah internet dengan teknologi generasi kelima yang dapat menawarkan kecepatan dan konektivitas yang jauh lebih tinggi daripada generasi sebelumnya. Internet 5G dapat mencapai kecepatan hingga 10 Gbps, yang 100 kali lebih cepat daripada 4G. Internet 5G juga dapat mendukung lebih banyak perangkat yang terhubung secara bersamaan, serta memiliki latensi yang sangat rendah. Internet 5G dapat membuka peluang untuk berbagai aplikasi dan layanan baru, seperti cloud gaming, augmented reality, virtual reality, smart city, dan lain-lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa teknologi terbaru yang sedang booming di tahun 2024. Teknologi-teknologi ini menunjukkan kemajuan dan inovasi yang luar biasa dalam bidang teknologi. Teknologi-teknologi ini juga dapat memberikan pengalaman dan manfaat yang berbeda bagi penggunanya. Teknologi-teknologi ini diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik di masa depan.

*Ikuti berita terbaru Coretan Rakyat di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.